Langsung ke konten utama

Tahap Awal Belajar Animasi Untuk Pemula

SAE Institute - Animasi merupakan sebuah seni yang kompleks dan membutuhkan talenta serta keterampilan yang diasah selama bertahun – tahun agar bisa sempurna. Namun, untuk beberapa profesional yang memiliki passion di bidang animasi, memulai belajar secara otodidak di rumah hanya membutuhkan sedikit belajar, kerja keras dan terus latihan.

Bagi para pemula di bidang animasi untuk memulai sebuah proyek animasi bisa membingungkan. Berikut ini kami bagikan beberapa tahapan awal saat belajar animasi untuk para pemula:

1. Mempelajari dasar animasi

Sebelum belajar animasi, Anda perlu mempelajari beberapa istilah dasar sebagai pondasi membuat animasi. Misalnya seperti teknik frame rate, key frame, aspek rasio, membuat karakter tokoh dan sebagainya.
Buatlah sketsa atau flip book dan beberapa lembar karakter. Ada banyak tutorial online atau e- book yang bisa didapat secara gratis untuk mempelajari prinsip – prinsip dasar animasi.

2. Animator digital atau konvensional?

Animator bisa dikategorikan dalam beberapa macam. Apakah Anda ingin menjadi animator digital atau konvensional? Animasi stop – motion, 2 dimensi, atau 3 dimensi? Sebagian animator hanya ingin lebih spesifik ke satu jurusan animasi. Namun, tak sedikit yang mengambil semua jalur untuk dipelajari.

3. Mempersiapkan peralatan

Alat – alat yang biasanya digunakan untuk animator bekerja antara lain pensil bergaris biru, kertas, dan light table. Sementara, animator lainnya lebih menyukai perangkat lunak berbasis komputer desktop, flash dan onine. Setiap jenis animasi membutuhkan perlengkapan yang berbeda.
Tak jarang, animator dituntut untuk mengombinasikan teknik tradisional gambar di atas kertas dengan efek digital.

4. Sering berlatih

Terus bereksperimen, berlatih dan praktik. Berlatih hingga tangan Anda menjadi lebih luwes saat menorehkan pensil atau memegang mouse. Terus mencari inspirasi dari sekitar Anda, seperti bagaimana cara benda bergerak, berinteraksi dan pelajari bagaimana cara menerjemahkan ke dalam media animasi Anda. Temukan metode, alat dan media yang paling ideal bagi Anda, lalu berlatih sesering mungkin. Animator yang profesional bahkan tidak pernah berhenti untuk belajar dan berlatih. Selalu ada cara baru untuk menciptakan sebuah karya animasi yang spektakler.
Dengan sering belajar dan berlatih, para animator pemula akan terus berkembang dan menjadi lebih baik setiap hari. Ingin menjadi animator yang profesional dan dilatih oleh para mentor berstandar internasional? SAE Institute adalah jawaban mimpi Anda.
SAE Institute merupakan sekolah jurusan animasi kelas dunia yang sudah memiliki 54 kampus di 28 negara. Para mentor dan alumni merupakan seniman animasi dan audio terbaik di bidang industri kreatif dan bisnis musik.
Berminat untuk terus mengasah bakat dan minat Anda di bidang industri kreatif, seni grafis atau desain komunikasi visual? SAE Institute menawarkan beberapa program yang bisa diambil. Di antaranya jurusan animasi, teknik audio, jurusan film, dan sekolah bisnis untuk industri musik.
Peserta didik di sekolah animasi SAE Institute akan mendapatkan banyak kesempatan untuk berkiprah dan magang di dunia industri perfilman Hollywood maupun studio animasi ternama di seluruh dunia.
Sedangkan, para alumni SAE Institute juga terus berperan aktif sebagai nominasi penghargaan Grammy Award dan menyabet penghargaan pada ajang bergengsei International Film Festival Berlin di Jerman.

Ayo, tunggu apalagi! Raih kesempatan menjadi animator profesional masa depan, Daftar Sekarang juga hanya di SAE Institute Indonesia dan dapatkan penawaran harga spesial selama pendaftaran siswa baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reaksi Dunia Bila Titanic Tenggelam

Presiden Bush - Amerika Serikat: "Sebuah kapal yang sedang berlayar menuju kepada kebebasan telah diserang oleh teroris. Kita tidak akan duduk diam. Kita akan memberi pelajaran kepada mereka! Bin Laden, anda dapat berlari tapi anda tak akan dapat sembunyi! Kami akan menemukanmu dan menghancurkan jaringan AL Qaedamu!" PM Tony Blair - Inggris: "Saya telah berbicara dengan Presiden Bush, dan kami berdua telah sepakat bahwa tenggelamnya kapal Titanic adalah bukti-bukti tak terbantahkan bahwa pengikut pengikut Saddam Hussein ada dibelakang serangan itu. Irak, nyata-nyata telah menjadi ancaman bagi dunia dan kita harus menyelesaikannya." PM John Howard - Australia: "Kami mendapatkan bukti bahwa di dalam kapal tersebut terdapat penumpang bernama Ahmad dan Abu Umar. Ini menunjukkan bahwa JI bertanggungjawab atas tenggelamnya kapal itu. Kami meminta Pemerintah Indonesia bertindak lebih tegas kepada aktivis-aktivis JI, atau kami sendiri yang akan menindak mereka!" P

5 Manfaat Penggunaan 3D Modeling di Berbagai Bidang

Di era perkembangan teknologi digital ini membuat aktifitas manusia akan semakin lebih mudah. Salah satu manfaat perkembangan teknologi digital ini yaitu pemanfaatan 3D modeling di berbagai bidang. Pemodelan 3 dimensi ini sangat penting untuk melihat secara nyata produk yang akan diciptakan. Hal tersebut akan membantu para designer dalam merancang produknya. Pemodelan ini dapat melihat secara detail bagian – bagian produk yang akan diciptakan sehingga akan mempermudah dalam proses pembuatannya.  Dengan beragam aplikasi 3D modeling yang semakin simple memubat para designer muda lebih mudah dalam berlajar animasi. Designe r 3D modeling ini nantinya dapat berkarir di berbagai bidang. Pada artikel ini akan dibahas tentang 5 manfaat penggunaan 3D modeling di berbagai bidang. Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan 3D modeling , antara lain: 1.  Bidang Arsitektur Dalam mendesain suatu bangunan pasti diperlukan pemodelan yang dapat melihat di segala su

GELOMBANG CINTA SANG FISIKAWAN

Malam gelap temani sepi Secercah foton enggan menghampiri Gelombang nada tiada menemani Saat intuisi hanyalah ekspektasi Saat kurasakan getaran cinta Dengan kecepatan melebihi cahaya Potensial tangga tak berdaya meluruhkannya Mungkin ini hanya imajinasi hampa Dunia kita ialah relativistik Tampuk tahta bukan mekanika klasik Tapi cintaku ini tetap deterministik Dengan kesucian tanpa hukum probabilistik Walau cinta ini tak bersambut Walau luka ini sisakan takut Namun nuraniku senantiasa terpaut Layaknya katrol pesawat Atwood Cinta ini takkan pernah bertepi Seperti osilator harmonik tanpa terhenti Semua rapi tersusun dalam hati Bagai kristal tak cacat kisi Akankah cinta ini kembali? Menatap bayang indah rajutan mimpi Ataukah khayal tetap berdiri? Merusak angan dengan radiasi tinggi Aku terenyuh diatas “gelombang bunyi” suaramu… Terpaku dalam tarikan “medan magnetmu”… Mencoba melihat dengan sebuah “lensa cekung” dari “sudut bias” mata hatiku… Meski aku bukan “Dalton” juga bukan kelu