Langsung ke konten utama

5 Langkah Merancang Kerangka Awal Pembuatan Animasi


SAE Institute - Apa jadinya jika pembuatan animasi tanpa perencanaan atau kerangka awal? Ibarat membangun sebuah rumah, Anda tentu membutuhkan draft atau denah desain tata ruang gambar rumah agar rumah bisa terwujud sempurna.

Pun begitu dengan para animator, tanpa adanya rancangan awal semua akan tampak berantakan bahkan bisa berakhir sia – sia. Setelah mendapatkan ide – ide baru, proyek animasi yang brilian harus segera dibuatkan kerangka awal agar tahu bagaimana arah dan tujuan akhirnya.
Coba ikuti 5 langkah membuat kerangka awal sebelum Anda memulai animasi berikut, dan lihat perbedaan hasilnya untuk proyek Anda:

1. Tentukan kisahnya

Banyak animator terutama pemula, langsung menyelam ke dalam animasi tanpa ada kisah yang bernilai pesan tertentu. Animasi sebaiknya dimulai dengan konsep cerita dan ditulis dengan lengkap agar lebih mudah memahami bagaimana arah cerita animasi tersebut.
Konsep cerita ini juga sangat penting jika secara tiba – tiba Anda harus membuat perubahan di menit – menit terakhir. Setidaknya, kerangka dasar animasinya tetap masih ada. Tuliskan narasi atau naskah animasi secara lengkap. Meliputi arah panggung, catatan kamera, zoom dan angle yang tepat dan terencana dengan detail.

2. Merancang tokoh atau karakter

Untuk membuat sketsa tokoh atau karakter sebaiknya jangan hanya berupa satu sketsa wajah. Namun, akan lebih baik jika digambar penuh dari beberapa angle. Bagaimana tokoh atau karakter Anda saat sedang diam? Bagaimana gambar tokoh saat bergerak? Tidak lupa, membuat sketsa wajah tokoh saat marah atau bahagia. Gambarkan secara detail dalam beberapa lembar karakter dan warna.

3. Merencanakan adegan

Di dalam sebuah animasi, umumnya terdapat beberapa adegan pendek yang berbeda – beda. Periksa kembali kisah atau naskah skrip Anda. Tandai di mana awal dan akhir adgen. Kemudian, identifikasi dari setiap adegan tersebut, tokoh apa saja yang perlu ditampilkan? Apa background yang paling bagus? Serta apa musik atau backsound yang dibutuhkan? Anda akan membutuhkan storyboard untuk merancang adegan, aksi kamera, sound effect dan warna dengan detail.

4. Memetakan waktu

Membuat sebuah karya animasi berkualitas yang dibatasi waktu memang tidak mudah. Tapi, jika setiap frame adegan dibuat rinci, kuantitas waktu hanya 1 detik pun akan membuat penonton terpukau. Pergerakan tokoh karakter juga tidak selalu sama. Kadang ada juga yang perlu diperlambat seperti gerakan angin atau rambut yang tertiup angin saat berjalan. Semua hal – hal detail ini akan menciptakan animasi yang terlihat luwes dan lebih natural.

5. Buat alur kerja dan rencana proyek

Sekarang, Anda sudah punya ide apa saja yang harus dilakukan dalam membuat animasi. Jangan lupa, tuliskan dalam buku agenda kerja secara rapi dan urut. Setiap tahapan yang sudah diselesaikan dengan baik, berikan tanda check. Ini akan membuat Anda lebih disiplin waktu untuk menyelesaikan deadline dan tetap konsisten pada rencana proyek.

Mengikuti beberapa langkah di atas akan membuat menjadikan Anda animator yang unggul dan kompeten. Tetapi, jika Anda ingin meraih karir animator profesional di lingkungan industri hiburan sebenarnya, solusi terbaiknya adalah sekolah jurusan animasi di SAE Institute.

SAE Institute merupakan sekolah jurusan animasi terkemuka yang sudah memiliki 54 kampus di 28 negara. Pertama kali berdiri di Australia pada 1976, dan kini telah hadir di Indonesia. Program yang bisa diambil antara lain program sertifikat, diplom dan sarjana dalam jurusan animasi, Audio Film, serta Bisnis Musik. Dapatkan masa depan gemilang dalam program luar biasa berstandar internasional. Daftar Sekarang juga untuk mendapatkan penawaran spesial untuk siswa baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reaksi Dunia Bila Titanic Tenggelam

Presiden Bush - Amerika Serikat: "Sebuah kapal yang sedang berlayar menuju kepada kebebasan telah diserang oleh teroris. Kita tidak akan duduk diam. Kita akan memberi pelajaran kepada mereka! Bin Laden, anda dapat berlari tapi anda tak akan dapat sembunyi! Kami akan menemukanmu dan menghancurkan jaringan AL Qaedamu!" PM Tony Blair - Inggris: "Saya telah berbicara dengan Presiden Bush, dan kami berdua telah sepakat bahwa tenggelamnya kapal Titanic adalah bukti-bukti tak terbantahkan bahwa pengikut pengikut Saddam Hussein ada dibelakang serangan itu. Irak, nyata-nyata telah menjadi ancaman bagi dunia dan kita harus menyelesaikannya." PM John Howard - Australia: "Kami mendapatkan bukti bahwa di dalam kapal tersebut terdapat penumpang bernama Ahmad dan Abu Umar. Ini menunjukkan bahwa JI bertanggungjawab atas tenggelamnya kapal itu. Kami meminta Pemerintah Indonesia bertindak lebih tegas kepada aktivis-aktivis JI, atau kami sendiri yang akan menindak mereka!" P

5 Manfaat Penggunaan 3D Modeling di Berbagai Bidang

Di era perkembangan teknologi digital ini membuat aktifitas manusia akan semakin lebih mudah. Salah satu manfaat perkembangan teknologi digital ini yaitu pemanfaatan 3D modeling di berbagai bidang. Pemodelan 3 dimensi ini sangat penting untuk melihat secara nyata produk yang akan diciptakan. Hal tersebut akan membantu para designer dalam merancang produknya. Pemodelan ini dapat melihat secara detail bagian – bagian produk yang akan diciptakan sehingga akan mempermudah dalam proses pembuatannya.  Dengan beragam aplikasi 3D modeling yang semakin simple memubat para designer muda lebih mudah dalam berlajar animasi. Designe r 3D modeling ini nantinya dapat berkarir di berbagai bidang. Pada artikel ini akan dibahas tentang 5 manfaat penggunaan 3D modeling di berbagai bidang. Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan 3D modeling , antara lain: 1.  Bidang Arsitektur Dalam mendesain suatu bangunan pasti diperlukan pemodelan yang dapat melihat di segala su

Tukang Santetnya Penggemar Spider-Man

Ucok: "Kemarin saya melihat pelayanan pelepasan di Gereja, tapi saya jadi bingung sendiri!" Ali: "Lho, kok kamu jadi bingung?" Ucok: "Biasanya kalau seseorang disantet itu dari perutnya keluar paku, jarum, pecahan kaca, dan lain sebagainya, tapi kemarin dari perut orang itu keluarnya boneka-boneka Spider-Man dalam berbagai gaya." Ali: "Wah, itu sih tukang santetnya penggemar Spider-Man!"