Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Menjadi Animator Profesional?


SAE Institute - Anda berbakat dan tertarik di bidang animasi, tapi tidak yakin harus mengawali langkah dari mana? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Ternyata di luar sana, masih banyak orang yang bingung, bagaimana untuk menjadi seorang animator profesional.

Seperti diketahui, animator biasanya memiliki ratusan sketsa dan karya seni untuk membuktikan kecintaan dan passion mereka. Sayangnya, seringkali hasil karya ini hanya menumpuk di meja kamar tanpa tahu bagaimana cara untuk melangkah ke industri hiburan atau studio yang lebih inovatif.
Nah, untuk membantu Anda mewujudkan semua impian menjadi animator profesional, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba:

1. Pilih sekolah jurusan animasi

Tidak ada cara yang terbaik selain mengasah bakat dan keterampilan Anda di sekolah jurusan animasi terbaik. Karir di bidang animasi tidak menuntut Anda harus berasal dari lulusan universitas negeri atau tidak. Justru, portofolio Anda yang jauh lebih diperhitungkan. Namun, dengan mengantongi sertifikat atau ijazah, Anda akan lebih meyakinkan perusahaan atau studio untuk merekrut Anda tanpa harus mengajari lagi hal – hal yang sebenarnya Anda sudah ketahui di bidang animasi.

2. Buat portofolio

Animator tanpa portofolio, ibarat sebuah gedung tanpa pondasi. Portofolio memungkinkan animator untuk memamerkan bakat dan passion secara visual. Anda bisa membuktikan kepada perusahaan apa yang Anda bisa. Beberapa animator profesional juga membuat sebuah situs web pribadi agar lebih mudah memamerkan karya animasi atau desain mereka kepada publik ataupun lewat akun media sosial.

3. Magang  di studio animasi

Pengalaman kerja bisa menjadi pelajaran berharga bagi animator. Termasuk jika Anda mengambil posisi sebagai karyawan magang tanpa dibayar, Anda akan mendapat banyak pelajaran secara nyata di dunia industri animasi. Studio animasi besar seperti Disney dan Pixar membuka pintunya lebar – lebar untuk siswa magang selama 6 minggu hingga 6 bulan, tergantung programnya. Pixar bahkan juga memiliki beberapa kelas kursus untuk menambah pengetahuan animator secara umum.

4. Memiliki mentor

Ada banyak manfaat memiliki mentor. Di antaranya mentor bisa memberikan masukan, kritikan atau saran yang membangun karir Anda lebih maju dan berkembang. Bahkan, mentor yang sudah memiliki reputasi dan nama di industri animasi akan merekomendasikan Anda agar bisa berkarir di studio animasi atau perusahaan. Jaga hubungan baik dengan para animator profesional saat magang agar Anda bisa memiliki mentor atau pembimbing yang baik. Bersikap terbuka terhadap kritikan atau pendapat mentor tanpa memandang usia. Anda akan belajar banyak ilmu yang berharga.

Nah, itu dia beberapa cara untuk membawa Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi seorang animator. Ingin menjadi animator handal dan bisa berkarir secara profesional di industri entertainment Hollywood? SAE Institute adalah solusinya.
SAE Institute merupakan sekolah jurusan animasi terbaik yang sudah memiliki 54 kampus di 28 negara. Pengalaman sekolah animasi dan audio sejak 1976 yang berpusat di Australia, telah sukses melahirkan para alumni SAE Institute yang bekerja di berbagai studio animasi dan perusahaan animasi kelas dunia.
Beberapa alumni bahkan mendapatkan nominasi untuk penghargaan Grammy Award serta tak sedikit peserta didik SAE Institute yang meraih penghargaan International Film Festival di mancanegara.
Jadilah bagian dari dunia entertainment dengan passion Anda di bidang seni dan animasi visual. Daftar sekarang juga di SAE Institute Indonesia dan raih impian Anda menjadi animator handal.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reaksi Dunia Bila Titanic Tenggelam

Presiden Bush - Amerika Serikat: "Sebuah kapal yang sedang berlayar menuju kepada kebebasan telah diserang oleh teroris. Kita tidak akan duduk diam. Kita akan memberi pelajaran kepada mereka! Bin Laden, anda dapat berlari tapi anda tak akan dapat sembunyi! Kami akan menemukanmu dan menghancurkan jaringan AL Qaedamu!" PM Tony Blair - Inggris: "Saya telah berbicara dengan Presiden Bush, dan kami berdua telah sepakat bahwa tenggelamnya kapal Titanic adalah bukti-bukti tak terbantahkan bahwa pengikut pengikut Saddam Hussein ada dibelakang serangan itu. Irak, nyata-nyata telah menjadi ancaman bagi dunia dan kita harus menyelesaikannya." PM John Howard - Australia: "Kami mendapatkan bukti bahwa di dalam kapal tersebut terdapat penumpang bernama Ahmad dan Abu Umar. Ini menunjukkan bahwa JI bertanggungjawab atas tenggelamnya kapal itu. Kami meminta Pemerintah Indonesia bertindak lebih tegas kepada aktivis-aktivis JI, atau kami sendiri yang akan menindak mereka!" P

5 Manfaat Penggunaan 3D Modeling di Berbagai Bidang

Di era perkembangan teknologi digital ini membuat aktifitas manusia akan semakin lebih mudah. Salah satu manfaat perkembangan teknologi digital ini yaitu pemanfaatan 3D modeling di berbagai bidang. Pemodelan 3 dimensi ini sangat penting untuk melihat secara nyata produk yang akan diciptakan. Hal tersebut akan membantu para designer dalam merancang produknya. Pemodelan ini dapat melihat secara detail bagian – bagian produk yang akan diciptakan sehingga akan mempermudah dalam proses pembuatannya.  Dengan beragam aplikasi 3D modeling yang semakin simple memubat para designer muda lebih mudah dalam berlajar animasi. Designe r 3D modeling ini nantinya dapat berkarir di berbagai bidang. Pada artikel ini akan dibahas tentang 5 manfaat penggunaan 3D modeling di berbagai bidang. Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan 3D modeling , antara lain: 1.  Bidang Arsitektur Dalam mendesain suatu bangunan pasti diperlukan pemodelan yang dapat melihat di segala su

GELOMBANG CINTA SANG FISIKAWAN

Malam gelap temani sepi Secercah foton enggan menghampiri Gelombang nada tiada menemani Saat intuisi hanyalah ekspektasi Saat kurasakan getaran cinta Dengan kecepatan melebihi cahaya Potensial tangga tak berdaya meluruhkannya Mungkin ini hanya imajinasi hampa Dunia kita ialah relativistik Tampuk tahta bukan mekanika klasik Tapi cintaku ini tetap deterministik Dengan kesucian tanpa hukum probabilistik Walau cinta ini tak bersambut Walau luka ini sisakan takut Namun nuraniku senantiasa terpaut Layaknya katrol pesawat Atwood Cinta ini takkan pernah bertepi Seperti osilator harmonik tanpa terhenti Semua rapi tersusun dalam hati Bagai kristal tak cacat kisi Akankah cinta ini kembali? Menatap bayang indah rajutan mimpi Ataukah khayal tetap berdiri? Merusak angan dengan radiasi tinggi Aku terenyuh diatas “gelombang bunyi” suaramu… Terpaku dalam tarikan “medan magnetmu”… Mencoba melihat dengan sebuah “lensa cekung” dari “sudut bias” mata hatiku… Meski aku bukan “Dalton” juga bukan kelu