Langsung ke konten utama

Tahukah anda cara membuat animasi? Uji kemampuanmu dengan cara ini


Apakah anda suka dengan animasi? Apakah anda menyukai film yang dihiasi dengan animasi? Nah, apakah anda tahu bagaimana sebenarnya cara membuat animasi, meskipun bukan bentuk seni yang bisa dilakukan semua orang, animasi adalah sebuah seni modern yang sangat indah. Beberapa film terkenal di zaman modern saat ini malah menggunakan banyak animasi atau bahkan sepenuhnya berbentuk animasi. Dunia animasi selalu mencari orang-orang terampil yang bisa membuat karya animasi yang bagus, dan orang itu bisa jadi adalah anda. Jadi, mulailah berlatih jika anda memang tertarik. Animasi punya banyak jenis yang bisa dipilih. Di artikel ini anda akan mencari tahu bagaimana membuat animasi anda sendiri, dan juga keahlian apa saja yang anda perlukan untuk menjadi animator yang hebat.

Membuat animasi tentunya tidaklah sesulit membuat film sekaliber film Box Office di Hollywood. Saat ini sudah banyak sekali software dan aplikasi yang dapat digunakan. Kamu dapat menggunakan smartphone Androidmu, atau juga menggunakan komputer dan laptop untuk membuat video animasi. Berikut ini akan dibahas mengenai cara mudah membuat animasi dengan metode campuran manual dan aplikasi yang bisa kamu coba sendiri. Menarik, bukan?
1.      Siapkan ide cerita
Hal utama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan ide cerita dari video animasi yang akan kamu buat. Apakah tema yang akan dibawakan dalam video tersebut? Bisa berupa petualangan, komedi, action, kartun, ataupun yang lainnya. Pastikan juga kamu sudah tahu akan dikembangkan dengan gaya seperti apa video animasimu tersebut.
2.      Buat cerita dalam storyboard
Dalam storyboard, setiap rangkaian kejadian penting yang ada dalam videomu akan dijabarkan. Tampilannya seperti komik, memperlihatkan cuplikan setiap adegan dari video animasi secara berkelanjutan.
3.      Gambar model karakter yang diinginkan
Tentunya dalam video tersebut juga ada karakter dengan penggambaran tertentu. Nah, karakter inilah yang harus dibuat secara konsisten sehingga setiap perpindahan frame, penggambaran karakternya akan tetap sama. Gambarkan secara detail dari berbagai macam sudut dan dalam berbagai ekspresi yang berbeda pula.
4.      Buat sketsa animasinya
Sketsa ini berfungsi untuk memperlihatkan gerakan kunci pada suatu frame. Gerakan kunci ini maksudnya adalah gerakan perpindahan dari karakter dalam animasi yang kamu buat. Tetapi gerakannya harus terlihat natural dan tidak kaku, ya.
5.      Gambar frame kunci
Frame kunci adalah titik atau posisi penting dalam sebuah gerakan yang dibuat oleh sebuah karakter. Misalnya jika karakter Scooby Doo yang kamu buat menghadap ke kiri kemudian ke kanan, maka frame kuncinya harus memperlihatkan sang karakter tersebut menghadap ke kiri, depan, baru kemudian ke kanan.
6.      Periksa alur pergerakan animasi
Pastikan bahwa perpindahan dari satu adegan ke adegan lain dalam storyboard yang telah kamu buat, bergerak dengan mulus. Tentunya kamu tidak ingin video animasimu terlihat ‘patah-patah’, bukan? Maka dari itu kamu harus memperhatikan kira – kira efek apa yang cocok untuk disisipkan saat perpindahan adegan dan keselarasan antar frame kunci yang ada.
7.      Rapikan gambarnya
Karena gambarmu masih berupa sketsa, tentunya masih banyak garis ataupun coretan tidak perlu yang harus dihilangkan agar gambar animasimu terlihat lebih sempurna dan natural. Rapikan gambar secara teliti dan tambahkan hal – hal yang dapat mendukung kualitas dari video animasimu.
8.      Proses video animasinya dengan aplikasi pembuat video
Setelah jadi dengan tahap manual, kamu dapat melanjutkannya dengan memasukkan dan memproses semua gambar ke dalam komputer dan mulai membuat animasinya dengan menyisipkan efek, transisi, dan editan lain yang sesuai. Kamu bisa menambahkan teks ataupun juga suara yang sesuai dengan tema videomu, atau melakukan dubbing. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pembuat video yang bisa kamu gunakan. Sebut saja Powtoon, Moovly, Animaker, hingga Microsoft Powerpoint ataupun Windows Movie Maker bisa digunakan untuk sekedar animasi sederhana.

SAE Institute Indonesia

Nah, bagi anda yang ingin menjadi seorang animator yang handal anda dapat menempuh pendidikan di SAE Institut Indonesia dengan menyediakan sekolah animasi dan kursus animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Sebagai lulusan sarjana Animasi di SAE, berbagai keahlian baik keilmuan dan praktek di berbagai bidang animasi. Siswa diharapkan untuk mengembangkan kemampuan dasar dan keilmuan di industri ini seperti 3D Modelling, Animasi Karakter, Rigging, Tekstur, Manajemen Proyek, Kerjasama Tim, Rendering dan Compositing.  Siswa diharapkan memiliki pemahaman menyeluruh dan kontekstual sebelum melanjutkan ke bidang kekhususan lainnya. Ketika belajar di SAE, siswa diharapkan dapat mengoperasikan beberapa perangkat lunak berstandar industri seperti Maya, Autodesk 3D Max dan Adobe Creative Suite. Siswa juga akan berpartisipasi dalam beberapa aktifitas dalam unit perkuliahan yang dirancang untuk proyek di dunia nyata, dengan bantuan staf pengajar dari SAE. Dengan model pengajaran yang unik inilah, siswa sekaligus menunjukkan kemampuan dam keilmuan secara teknis dengan kolaborasi dan pembelajaran berbasis studio kreatif.
Program animasi ini menawarkan kepada siswa untuk mempelajari semua aspek Animasi Efek Visual. Dalam program animasi ini siswa memperoleh keterampilan yang komprehensif di bidang grafis 2D & 3D yang dihasilkan komputer, animasi & pengomposisian VFX, dengan menggunakan perangkat lunak produksi yang paling banyak digunakan dalam industri animasi, seperti Autodesk Maya, Autodesk Mudbox, Adobe After Effect, dan Adobe Premiere. Sekolah animasi SAE memberikan pemahaman tentang sistem dan peralatan yang digunakan untuk membuat animasi & pengomposisian efek visual serta pengalaman praktis dalam teknik produksi dan konsep desain. Di kampus ini anda ian mempelajari bagaimana mengelolah animasi secara mendalam seperti storytelling, menggambar, 3D grafis, animasi 2D & 3D, pasca produksi, prinsip-prinsip desain, pengetahuan industri, praktek studio, prinsip animasi, peralatan animasi, manajemen proyek, dan sebagainya. Untuk info lebih lanjut terkait cara membuat animasi anda dapat mengunjungi website SAE institut Indonesia disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Penggunaan 3D Modeling di Berbagai Bidang

Di era perkembangan teknologi digital ini membuat aktifitas manusia akan semakin lebih mudah. Salah satu manfaat perkembangan teknologi digital ini yaitu pemanfaatan 3D modeling di berbagai bidang. Pemodelan 3 dimensi ini sangat penting untuk melihat secara nyata produk yang akan diciptakan. Hal tersebut akan membantu para designer dalam merancang produknya. Pemodelan ini dapat melihat secara detail bagian – bagian produk yang akan diciptakan sehingga akan mempermudah dalam proses pembuatannya.  Dengan beragam aplikasi 3D modeling yang semakin simple memubat para designer muda lebih mudah dalam berlajar animasi. Designe r 3D modeling ini nantinya dapat berkarir di berbagai bidang. Pada artikel ini akan dibahas tentang 5 manfaat penggunaan 3D modeling di berbagai bidang. Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan 3D modeling , antara lain: 1.  Bidang Arsitektur Dalam mendesain suatu bangunan pasti diperlukan pemodelan yang dapat melihat di segala su

Cara Membuat Animasi Tokoh Minion dengan Aplikasi Blender

Industi kreatif khususnya di bidang animasi berkembang secara pesat. Perkembangan ini sejalan dengan terciptanya beragam aplikasi yang membantu para creator dalam menciptakan tokoh tertentu dalam film kartun. Bagi para animator, aplikasi yang menyediakan beragam fitur seperti visual efect   membuat pekerjaan mereka lebih cepat selesai dan menghasilkan produk yang unik. Salah satu tokoh yang sering mencuri perhatian bagi para animator yaitu minion. Minion ini menjadi icon dari film despicable me yang rilis pada tahun 2010. Tokoh ini membuat para animator berlomba – lomba membuat minion dengan beragam ekspresi yang lucu dan unik. Pada kesempatan ini akan dijelaskan cara membuat animasi tokoh minion dengan aplikasi blender. Blender merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur paling banyak dari aplikasi sejenis sehinga aplikasi ini sangat cocok untuk membuat tokoh minion ini. Berikut ini cara membuat animasi tokoh minion dengan aplikasi blender seperti dibawah ini.   1.  Taha