Langsung ke konten utama

Cara Membuat Animasi Tokoh Minion dengan Aplikasi Blender


Industi kreatif khususnya di bidang animasi berkembang secara pesat. Perkembangan ini sejalan dengan terciptanya beragam aplikasi yang membantu para creator dalam menciptakan tokoh tertentu dalam film kartun. Bagi para animator, aplikasi yang menyediakan beragam fitur seperti visual efect  membuat pekerjaan mereka lebih cepat selesai dan menghasilkan produk yang unik. Salah satu tokoh yang sering mencuri perhatian bagi para animator yaitu minion. Minion ini menjadi icon dari film despicable me yang rilis pada tahun 2010. Tokoh ini membuat para animator berlomba – lomba membuat minion dengan beragam ekspresi yang lucu dan unik. Pada kesempatan ini akan dijelaskan cara membuat animasi tokoh minion dengan aplikasi blender.
Blender merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur paling banyak dari aplikasi sejenis sehinga aplikasi ini sangat cocok untuk membuat tokoh minion ini. Berikut ini cara membuat animasi tokoh minion dengan aplikasi blender seperti dibawah ini.  
1. Tahap awal dalam membuat tokoh miinion harus terlebih dahulu menginstal aplikasi blender. Apabila pada komputer atau notebook Anda belum ada, silahkan download terlebih dahulu. Saya sarankan download versi terbaru blender yaitu versi 2.75. Berikut ini tampilan awal dari aplikasi blender.

2. Objek yang ada di tampilan awal aplikasi blender harus dihapus agar dapat dibuat objek yang baru. Cara menghapus objek tersebut dengan menggunakan tombol X lalu delet.


Setelah menghapus objek tersebut, lalu tekan bersmaan SHIFT + A., lalu pilih Mesh (UV Sphere). Seperti gambar dibawah ini.

3. Tahap selanjutnya, Anda harus masuk Edit Mode dengan menekan Tab dan Anda pilih face select.

4. Untuk membuat wajah minion, model face yang terbentuk pada tahap 3 maka harus Anda hapus setengahnya (lihat pada gambar). Cara menghapusnya yaitu tekan 5 agar kusor menjadi ortho. Selanjutnya tekan 1 ( untuk font) dan tekan B untuk menyeleksi bagian yang akan dihapus. Kemudian klik dan drag sampai terseleksi setengah dari objek bola.

5. Apabila bagiansetelah bole sudah terseleksi lalau tekan X untuk menghapus bagian setengah bola yang akan dihapus seperti pada gambar dibawah ini.

6. Tahap selanjutnya yaitu Anda klik modifier, pilik add modifier dan pilih miror.

7. Tahap ini cukup sulit yaitu membuat bentuk bulat menjadi kapsul. Anda pilih ¼ bagian tersebut dengan menekan tombol B, klik dan drag pada bagian yang ingin di pilih.

8. Selanjutnya tarik garis atau smbu Z agar objek tersebut berbentuk kapsul ( liat gambar dibawah ).

9. Kemudaian tekan bersamaan CTRL +  R, lalu scroll mouse untuk menambahkan bagian yang akan diseleksi pada objek.

10. Tahap ini akan membuat mulut minion dengan cara pilih bagian yang akan dijadikan mulut lalu extrude dan tekan E lalu tarik ke dalam.

11. Tahap selanjutnya yaitu membuat kacamata. Cara membuat kacamata minion yaitu dengan menggunakan circle.  Anda harus tekan tab lalu pilih circle dan tekan E lalu tekan S dengan mengubah jumlah verticenya menjadi 8. Selanjutnya Anda duplikatkan dan pindahkan ke bagian depan minion.

12. Cara membuat animasi minion selanjutnya yaitu membuat baju minion dengan cara pilih bagian minion yang akan dijadika baju dengan tekan shift dan pilih material, lalu pilih new dan pilih warna & assign.

13. Tahap terakhir cara membuat animasi minion yaitu membuat lengan minion. Caranya dengan pilih bagian badan minion untuk membuat bagian lengan. Kemudian tekan numpad + 1 untuk merubah view dan tekan E untuk exroot. Cara membuat kaki juga sama seperti cara membuat lengan.


Sangat menarik bukan membuat animasi kartun kesukaan kita. Bagi Anda yang ingin belajar cara membuat animasi apapun baik kartun hewan, manusia atau sejenisnya maka Anda dapat belajar di tempat belajar animasi terbaik di Indonesia yaitu SAE Indonesia. Di SAE Indonesia terdapat tiga program unggulan seperti BA/BSC visual efect and animation, diploma 3D animation & VFX dan animation bachelor ( Australia pathway program ). SAE Indonesia memberikan pengajaran cara membuat animasi yang lebih baik dengan menggunakan aplikasi terbaru dan terkini. Selain itu, SAE Indonesia memiliki pengajar yang telah lama berpengalaman di bidang animasi baik sebagai animtor maupun produkser industri animasi. Jika Anda berminat atau memiliki pertanyaan, silahkan Anda bisa tanyakan sekarang disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reaksi Dunia Bila Titanic Tenggelam

Presiden Bush - Amerika Serikat: "Sebuah kapal yang sedang berlayar menuju kepada kebebasan telah diserang oleh teroris. Kita tidak akan duduk diam. Kita akan memberi pelajaran kepada mereka! Bin Laden, anda dapat berlari tapi anda tak akan dapat sembunyi! Kami akan menemukanmu dan menghancurkan jaringan AL Qaedamu!" PM Tony Blair - Inggris: "Saya telah berbicara dengan Presiden Bush, dan kami berdua telah sepakat bahwa tenggelamnya kapal Titanic adalah bukti-bukti tak terbantahkan bahwa pengikut pengikut Saddam Hussein ada dibelakang serangan itu. Irak, nyata-nyata telah menjadi ancaman bagi dunia dan kita harus menyelesaikannya." PM John Howard - Australia: "Kami mendapatkan bukti bahwa di dalam kapal tersebut terdapat penumpang bernama Ahmad dan Abu Umar. Ini menunjukkan bahwa JI bertanggungjawab atas tenggelamnya kapal itu. Kami meminta Pemerintah Indonesia bertindak lebih tegas kepada aktivis-aktivis JI, atau kami sendiri yang akan menindak mereka!" P

5 Manfaat Penggunaan 3D Modeling di Berbagai Bidang

Di era perkembangan teknologi digital ini membuat aktifitas manusia akan semakin lebih mudah. Salah satu manfaat perkembangan teknologi digital ini yaitu pemanfaatan 3D modeling di berbagai bidang. Pemodelan 3 dimensi ini sangat penting untuk melihat secara nyata produk yang akan diciptakan. Hal tersebut akan membantu para designer dalam merancang produknya. Pemodelan ini dapat melihat secara detail bagian – bagian produk yang akan diciptakan sehingga akan mempermudah dalam proses pembuatannya.  Dengan beragam aplikasi 3D modeling yang semakin simple memubat para designer muda lebih mudah dalam berlajar animasi. Designe r 3D modeling ini nantinya dapat berkarir di berbagai bidang. Pada artikel ini akan dibahas tentang 5 manfaat penggunaan 3D modeling di berbagai bidang. Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan 3D modeling , antara lain: 1.  Bidang Arsitektur Dalam mendesain suatu bangunan pasti diperlukan pemodelan yang dapat melihat di segala su

Tukang Santetnya Penggemar Spider-Man

Ucok: "Kemarin saya melihat pelayanan pelepasan di Gereja, tapi saya jadi bingung sendiri!" Ali: "Lho, kok kamu jadi bingung?" Ucok: "Biasanya kalau seseorang disantet itu dari perutnya keluar paku, jarum, pecahan kaca, dan lain sebagainya, tapi kemarin dari perut orang itu keluarnya boneka-boneka Spider-Man dalam berbagai gaya." Ali: "Wah, itu sih tukang santetnya penggemar Spider-Man!"